1. Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik
Desain pemodelan grafis merupakan suatu proses penciptaan objek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yaitu membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafis terdiri dari 3, yaitu desain, pemodelan, grafik.
Desain : Seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.
Pemodelan : Rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep yang berupa bentuk.
Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
2. Proses dan Unsur Desain Grafik
Unsur - unsur :
a. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
c. Huruf (Character)
Bentuk visual yang membentuk sebuah tulisan verbal seperti A,B,C, dll.
d. Simbol (Symbol)
Secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan bentuk benda nyata.
e. Bentuk Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu objek.
f. Tekstur (Texture)
Teksture adalah tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat dilihat dan diraba.
g. Ruang (Space)
Jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, memberi efek estetika desain.
h. Ukuran (Size)
Mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
i. Warna (Color)
Menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk visual secara jelas.
Prinsip :
a. Kesederhanaan
Menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
b. Keseimbangan
Keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan secara visual.
c. Kesatuan
Kohesi, konsistensi, ketunggalan, atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
d. Penekanan (Aksentuasi)
Menarik perhatian pembaca.
e. Irama (Repetisi)
Selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu.
Referensi :
0 Komentar:
Post a Comment